Cari Pertanyaan atau Jawaban
Kirim Pertanyaan
Pertanyaan yang diajukan khusus berkaitan dengan Pengadaan Barang dan Jasa.

Frequently Asked Question
berapa persen (%) maksimal denda untuk pemutusan kontrak secara sepihak oleh PPK sesuai Perpres 54 tahun 2010 serta perubahannya ?
Berdasarkan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan perubahannya,
Pasal 93 ayat : 1. Poin a. denda keterlambatan pelaksanaan pekerjaan akibat kesalahan Penyedia Barang/Jasa sudah melampaui 5% (lima perseratus) dari nilai Kontrak.
apakah ada dalam perpres 54 tahun 2010 dan perubahannya teantang pemutusan kontrak secara sepihak bisa dilakukan PPK, apabila proyek terlambat 2%, 5%, 10% atau 15% ?
Berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 dan perubahannya, Pasal 93 ayat : 1. PPK dapat memutuskan Kontrak secara sepihak apabila : a. denda keterlambatan pelaksanaan pekerjaan akibat kesalahan Penyedia Barang/Jasa sudah melampaui 5% (lima perseratus) dari nilai Kontrak; b. Penyedia barang/jasa lalai/cidera janji dalam melaksanakan kewajibannya dan tidak memperbaiki kelalaiannya dalam jangka waktu yang telah ditetapkan; c. Penyedia Barang/Jasa terbukti melakukan KKN, kecurangan dan/atau pemalsuan dalam prose Pengadaan yang diputuskan oleh instansi yang berwenang, dan/atau d. pengaduan tentang penyimpangan prosedur, dugaan KKN dan/atau pelanggaran persaingan sehat dalampelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa dinyatakan benar oleh instansi yang berwenang; Pasal 120 Selain perbuatan atau tindakan sebagaimana dimaksud dalam pasal 118 ayat (1), Penyedia Barang/jasa yang terlambat menyelesaikan pekerjaan dalam jangka waktu sebagaimana ditetapkan dalam kontrak, dapat dikenakan denda keterlambatan sebesar 1/1000 (satu perseribu) dari harga Kontrak atau bagian Kontrak untuk setiap hari keterlambatan dan tidak melampaui besarnya Jaminan Pelaksanaan.